Sunday, November 23, 2008

Aku, Sahabatku, dan Teka-Teki Cinta

Aku, Sahabatku, dan Teka-Teki Cinta
Desember 7th, 2006 by nietha

Sepasang mata yang terpejam, mulut yang terkatup dan sebuah hati yang tertutup
Masih bisa merasakan cinta
Satu cinta yang menuntut syarat untuk diungkapkan
Karna cinta tak bersyarat
Jika cinta bersyarat berarti tak berbeda denga perjanjian
Padahal cinta bukanlah perjanjian
Cinta adalah keterkaitan raga menjadi satu hati walau
Tak ada satupun jiwa yang tahu
Walau tak bisa dua jiwa bersatu tapi raganya akan selalu menumbuhkan cinta dan memancarkannya pada tubuh bintang di malam hari dan bila esok tiba akan tebarur bersama sinar mentari.
“Raka itu spesial banget lho Sa, Romantis, perhatian, setia, dan yang lebih penting dia nerima aku apa adanya.”curhat Lila sahabatku saat kami masih duduk di bangku SMP, waktu itu aku “Vesalia Indah Ratnaningrum” terkagum-kagum pada pacar sahabatku itu.
“Dasar pembohong, ngakunya setia ternyata ada maen dengan anak sekolah laen, pantesan akhir-akhir ini Raka gak perhatian, gak romantis, dan selalu ngatur soal penampilanku.”curhat Lila saat Raka mutusin dia dan berpaling pada cewek laen, lagi-lagi aku “Vesalia Indah Ratnanigrum” bingung mendengar cerita sahabatku itu. Dan setelah itu Lila sahabatku membuka buku diarynya dan menuliska sebuah puisi tapi bagiku lebih dari sebuah puisi melainkan sebuah nasehat bagi cewek yang masih awam mengenal cinta seperti aku.
Cinta menerbangkan aku jauh ke langit
Kulihat indah,sejuk,dan damai
Saat kau mengandengku melintasi langit
Tapi kenapa cinta terlalu jauh menerbangkanku
Hingga mataku gelap tak melihat apa-apa
Hanya sakit yang aku rasakan saat aku tahu
Aku Terjatuh
Pertama kali masuk SMU, guruku mengatakan kalau kami harus hati-hati duduk dibangku SMU ini, cepat atau lambat kami akan dihadapkan berbagai masalah,entah itu masalah pelajaran di sekolah, persahabatan, ataupun cinta. Aku takut mendengarnya dan aku takut menghadapi masa-masa ini, tapi lain dengan Lila sahabatku, yach…..kami memang berbeda.
“ Vesa, aku puya gebetan baru,dia istimewa.”
“ Kamu kagum atau jatuh cinta sama dia”
“ Kayaknya….cinta”
Kaget juga ndenger cerita Lila padahal baru kemaren dia ngomong ke aku :
Cinta itu nyebelin, bikin sakit, bikin ruyem,kadangmembuat kita terbuai hingga berbunga-bunga tapi gak sedikit yang bikin kita kecewa dan putus asa.
“Kenapa kamu bisa jatuh cinta padanya”
“Karna dia itu cakep,pinter,jago maen basket,ketua OSIS dan punya karisma”
“Berarti kalau misalnya Dia kecelakaan, terus ingatannya terganggu dan kakinya patah dan gak bias maen basket, terus otomatis dia gak bisa jadi ketua OSIS lagidan karisma yang dia punya ilang. Apa kamu masih mencintai dia ?
Lila Terdiam, menatapku tajam tapi juga penuh curiga, sejenak ia tampak berpikir
“ Vesa, kamu tuch gak ngerti, karna kamu gak mau ngertiin soal cinta, kamu gak mau cari tahu apa itu cinta.”
“ Buat apa aku mencari cinta, toh cinta ada di belakangku bersama bayanganku, kalau aku kejar dia malah lari tapi kalau aku diem dia malah ngikutn aku.”
Aku terus nencari apa sebenarnya makna dibalik 5 huruf itu. Ya….. C-I-N-T-A, secara sengaja atau gak aku sengaja aku terus mencarinya. Lama aku diperpustakaan sekolah hingga aku temukan karya Kahlil Gibran berjudul “Risalah Cinta” kubuka lembar demi lembar dan ada sebuah kata yang sampai saat ini aku ingat.
Ada 3 tingkatan cinta:
Pertama, Cinta karna pemberian
Jika ada seseorang yang mencintai orang lain karna pemberian, yang demikian itu adalah cintanya anak kecil.
Kedua, Cinta Karna memang kekasihnya itu memiliki kemampuan yang hebatdan pantas dicintai
Yang demikian itu adalah cinta monyet, cintanya anak SMA-SMP .
Ketiga, Cinat Abadi
Adalah ketika seseorang menanyakan pada Anda :Mengapa anda mencintainya?.Anda menjawab: Saya tidak tahu kenapa saya mencintainya.
“Vesa, aku udah jadian sama Reno”
“Bukannya kamu naksir sama Si Ketua OSIS itu ‘
“Ternyata itu bukan cinta”
“Lalu kenapa kamu mencintai Reno”
“Entahlah aku tak tahu”
Ada rasa senang saat mendengar jawaban sahabatku itu, setidak-tidaknyadia telah menemukan cinta abadinya walau dia tak menyadarinya.
Aku ‘Vesalia Indah Ratnaningrum” masih tak tahu apa itu cinta.Semakin banyak aku tahu arti cinta semakin aku tak mengetahui apa itu cinta.
Cinta itu anugerah terindah
Cinta itu adalah pengorbanan
Cinta itu adalah rasa hati
Semuanya benar
Cinta itu anugerah terindah yang dirasa oleh hati.
Dan harus ada pengorbanan
Tapi bagiku…..
Cinta adalah teka-teki
Tergantung siapa yang menjawabnya
Semua akan merasa benar mendiskripsikannya
Karna cinta itu…….
Sebuah teka-teki yang berisi cinta
Seperti Aku, Sahabatku, dan Teka-Teki Cinta

No comments: